[ Klik-Kanan.com ]
 
 Depan » Software » Review Info Banner   Tentang Kami   Buku Tamu   Kontak 

Membuat system tray menjadi auto hide

Sebagian besar program yang berjalan pada background (program yang berjalan di belakang layar) akan menampilkan icon pada system tray atau biasa disebut systray yang terletak di pojok kanan bawah. Jika program yang dijalankan tersebut cuma sedikit atau jika icon yang ada pada systray cuma sedikit tentunya tidak menjadi masalah. Tapi jika icon yang ada cukup banyak tentu cukup "menjengkelkan", karena tentunya ukuran taskbar button akan menjadi mengecil. Nah untuk mengatasi masalah tersebut Anda dapat memanfaatkan program kecil bernama Tray Magician. Untuk menggunakan Tray Magician caranya cukup mudah.

  1. Download filenya di sini.
  2. Ekstrak file hasil download-an yang masih berupa file *.zip. Untuk mengekstraknya Anda bisa menggunakan WinZip, WinRar atau software sejenis.
  3. Jalankan setup.exe.
  4. Setelah itu secara otomatis Tray Magician akan membuat shortcut di folder Startup dan folder Programs dan secara otomatis pula program Tray Magician langsung dijalankan. Dengan kata lain system tray pada Windows Anda akan langsung tersembunyi.
  5. Untuk menampilkan system tray kembali, arahkan cursor mouse Anda ke arah pojok kanan system tray.
  6. Anda tetap dapat menampilkan jam tanpa harus menampilkan system tray. Untuk itu klik kanan pada icon Tray Magician lalu pilih Show Clock.

Tray Magician juga mempunyai feature tambahan yang cukup menarik. Untuk memindah window biasanya Anda harus melakukan klik pada titlebar windows tersebut. Tapi dengan menggunakan Tray Magician Anda dapat memindah windows pada sembarang area. Caranya yaitu dengan menekan Ctrl + Shift disertai dengan klik.

2001 Klik Kanan
Dilarang memperbanyak artikel yang terdapat pada situs ini tanpa seizin Klik Kanan.